Yusril Nasehati Ahok Belajar dari India Soal Penyembelihan Sapi



Larangan warga Jakarta berjualan dan memotong hewan kurban di pinggir jalan mendapat kritikan tajam dari lawan politik petahana, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pilkada Jakarta 2017.


"Saya pikir nggak usah dilarang, tapi dicarikan tempat untuk sementara waktu. Yang penting dijaga kebersihannya, kesehatan," kata Yusril Ihza Mahendra dalam rilisnya, Senin (12/9).

Yusril mengingatkan kebijakan Ahok itu mengubah tradisi tahunan umat muslim Jakarta, terutama di hari raya Idul Adha. Jika tradisi ditentang maka akan semakin banyak yang tersinggung karena masalah ini sangat sensitif.

"Karena itu perlu orang yang bijak untuk menyelesaikannya, ini harus segera dibenahi," ujar Yusril yang juga dikenal sebagai pengamat hukum tata negara.

Mantan menteri hukum dan HAM ini menambahkan, seharusnya Ahok mencontoh negara India yang melarang kurban untuk wilayah tertentu. Terkecuali yang dihuni mayoritas umat muslim.

"Di sana saja orang India memahami, kenapa Pak Ahok tak mengerti, jadi ini hanya persoalan kebijakan saja," kritiknya.

Kebijakan Ahok itu justru bisa memunculkan masalah. Terlebih, di Jakarta sendiri mayoritas warga menganut agama Islam.

"Walaupun bukan muslim, seharusnya Pak Ahok memahami, untuk mencegah reaksi dan ketidaksukaan dari masyarakat," tukas Yusril.

[Sumber: eramuslim.com]




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top