Demi Lindungi Muslim, Erdogan Ancam Akan Menghabisi Milisi Syiah Jika Berani Bikin Kacau Tel Afar



Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memperingatkan akan menghabisi Milisi Syiah Popular bentukan Iran di Irak, jika berani membuat kekacauan di kota Tel Afar wilayah utara Mosul, yang dihuni oleh mayoritas Muslim Turkmen.


Ancaman ini dikatakan Erdogan dalam peringatan berdirinya Republik Turki ke 93 di ibukota Ankara pada hari Sabtu (29/10) kemarin, seraya mengungkapkan rencananya untuk menambah jumlah personel militer di kota Slopi yang berbatasan langsung dengan Irak.

"Kota Tal Afar Turkmen (Irak utara) merupakan isu sensitif bagi kami. Kami memperingatkan milisi Syiah akan menerima respon berbeda jika melakukan terror di sana," ujar Erdogan dalam pernyatannya kepada wartawan menanggapi kekhawatiran pembantaian warga Sunni di Irak.

Erdogan melanjutkan, "Turki telah menempatkan pasukan sebelumnya di kota Dohuk dan Slopi di dekat perbatasan utara Irak. Kami berencana untuk mengirimkan pasukan tambahan untuk memperkuat daerah tersebut."

Kota Tel Afar menjadi kota strategis bagi organisasi Negara Islam karena menghubungkan kota Mosul di Irak dengan Raqqa di Suriah yang menjadi basis utama organisasi. Kota ini dihuni oleh masyarakat Sunni Turkmen dan Syiah sebagai kelompok minoritas.

Sejak Sabtu pagi milisi Syiah Popular dikabarkan telah melancarkan serangan ke kota Tel Afar, ditengah penghentian sementara selama 2 hari operasi pembebasan kota Mosul yang diumumkan koalisi internasional pada hari Jum’at (28/10) kemarin. [eramuslim]




 
About - Contact Us - Sitemap - Privacy Policy
Back To Top