Doa Bercermin yang Shahih



Ketika kita hendak bercermin ternyata Islam juga sudah mengaturnya dan terdapat doanya. Hadist shahih yang menerangkan doa bercermin adalah sebagai berikut:


Yaitu hadits Aisyah, ia berkata: Adalah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

اللَّهُمَّ أَحْسَنْتَ خَلْقِي فَأَحْسِنْ خُلُقِي

"Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku." (HR. Ahmad IV/68, 155 dengan isnad shahih. Al-Haitsami berkata dalam Al-Majma', bahwa hadits tersebut diriwayatkan Imam Ahmad dan perawi-perawinya adalah perawi-perawi yang shahih. Dinukil dari komentar Syaikh al-Albani dalam al-Irwa'.)

Diriwayatkan juga oleh Imam Ahmad dari Ibnu Mas'ud Radhiyallahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah berdoa:

اللَّهُمَّ أَحْسَنْتَ خَلْقِي فَأَحْسِنْ خُلُقِي

"Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku." (HR. Ahmad dan dishahihkan oleh Al-Albani dalam al-Irwa')

Dalam riwayat lain dari Ibnu Mas'ud Radhiyallahu 'Anhu, berbunyi:

اللَّهُمَّ حَسَّنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

"Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku." (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya no. 964, Abu Ya'la al-Mushili dalam Musnadnya no. 4944. Dan Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Irwa' al-Ghalil no. 74. Terdapat tambahan dalam riwayat Ibnu Mardawaih:

وَحَرِّمْ وَجْهِي عَلَى النَّارِ

". .  dan Haramkan wajahku tersentuh neraka."

Demikianlah doa bercermin yang shahih, semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.