Doa Masuk dan Keluar Masjid Sesuai Sunnah



Inilah doa masuk dan keluar Masjid sesuai sunnah Nabi, apalagi masjid merupakan rumah Allah dan tentunya memiliki adab-adab jika hendak memasukinya diantaranya adalah sebagai berikut.


Membaca Doa Ketika Masuk Masjid


بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى ذُنُوبِى وَافْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

"Bismillah wassalaamu 'ala rosulillah. Allahummaghfir lii dzunuubi waftahlii abwaaba rohmatik

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu." (HR. Ibnu Majah no. 771 dan Tirmidzi no. 314. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Baca juga: Adakah Bacaan Doa Niat Sahur ?

Doa Keluar Masjid, Membaca...


اَللّهُمَّ اِنِّيْ أسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

"A‌llahumma innii as-aluka min fadhlika"

Artinya: "Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu."

Mendahulukan Kaki Kanan Saat Masuk Masjid dan Kaki Kiri Ketika Keluar Masjid

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,

كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يُعْجِبُهُ التَّيَمُّنُ فِى تَنَعُّلِهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ وَفِى شَأْنِهِ كُلِّهِ

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sangat menyukai mendahulukan yang kanan ketika memakai sendal, ketika menyisir rambut dan ketika bersuci, juga dalam setiap perkara (yang baik-baik)." (HR. Bukhari no. 186 dan Muslim no. 268). Yang dimaksud tarojjul dalam hadits -kata Ibnu Hajar- adalah menyisir dan meminyaki rambut, sebagaimana disebut dalam Al Fath, 1: 270)

Demikianlah doa masuk dan keluar masjid sesuai sunnah, semoga kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Wallahu a'lam.