Penyebab Sering Mengantuk dan Cara Mengatasinya



Mengantuk hal yang wajar dan pasti dialami setiap orang. Faktornya dikarenakan kurang tidur, kelelahan atau bisa jadi mengkonsumsi obat-obat tertentu. Namun apabila rasa ngantuknya sudah berlebihan, tentunya hal itu akan mengganggu aktifitas sehari-hari. Dan ini sering terjadi diwaktu-waktu tertentu.


Penyebab Rasa Ngantuk Berlebihan

1. Kualitas tidur malam yang buruk

Normalnya, manusia membutuhkan waktu tidur malam sekitar 7-8 jam sehari. Namun beberapa gangguan tidur seperti sleep apnea (sering terbangun di malam hari) dan insomnia (kesulitan untuk tidur dalam jangka waktu lama) seringkali membuat kualitas tidur seseorang menjadi buruk. Sehingga akibatnya, si penderita akan mengalami rasa ngantuk berlebihan di siang hari. Bahkan badannya tidak berstamina dan memicu timbulnya despresi. Selain itu kebiasaan begadang juga tidak dianjurkan dengan alasan apapun, kecuali benar-benar dalam situasi mendesak. Begadang menyebabkan munculnya perasaan mengantuk di sela-sela aktivitas kerja.

2. Diabetes

Diabetes atau kencing manis juga memicu perasaan mengantuk berlebihan, hal ini dikarenakan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Biasanya gejala yang sering muncul pada penderi diabetes ataupun pra-diebetes adalah mudah merasa haus, sering pusing, gangguang pengelihatan (pandangan kabur) dan selalu ingin buang air kecil.

3. Kurang olahraga

Seseorang yang jarang melakukan olahraga, dan kebiasaannya hanya menghabiskan waktu di dalam ruangan ber-AC pasti mudah mengalami rasa ngantuk. Mengada demikian? Sebab orang tersebut kekurangan asupan oksigen dan kurang energi, akibatnya rasa ngantuk gampang menyerang.

4. Anemia

Anemia adalah kondisi dimana jumlah hemoglobin dalam sel darah merah berkurang dibawah normal. Penyakit ini menyebabkan pasokan oksigen ke otak berkurang sehingga penderitanya akan merasa mudah lelah dan sering mengantuk.

5. Pengaruh dari obat-obatan

Beberapa obat-obatan tertentu, seperti obat batuk, obat flu, obat demam biasanya akan memberikan efek mengantuk setelah mengonsumsinya. Kondisi ini normal, dan hanya akan bertahan selama beberapa jam saja.

Berikut Ini Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Secara Alami

1. Istirahat yang cukup

Cara pertama untuk menghilangkan rasa ngantuk berlebihan tentunya dengan beristirahat cukup pada malam hari. Hindari makanan tinggi karbohidrat menjelang tidur, karena hal ini bisa menganggu proses pencernaan.  Sebaiknya usahakan makan sebelum jam 8 malam. Dan mulailah bersiap-siap tidur maksimal jam 10 malam. Dengan begitu, kualitas tidur dapat terjaga.

2. Berolahraga ringan

Rasa ngantuk yang datang tiba-tiba, terlebih lagi pada saat bekerja tentu sangalah menganggu. Untuk mengatasinya, anda bisa mencoba berolahraga ringan seperti jalan-jalan di area kantor, menggerak-gerakan tangan dan kaki, naik turun tangga, push up, lompat-lompat, dan sebagainya.

Lakukan olaharaga tersebut setidaknya selama 30 menit hingga tubuh mengeluarkan keringat. Dengan begitu, asupan oksigen ke dalam tubuh juga akan meningkat dan rasa ngantuk dijamin berkurang.

3. Membasuh muka

Cara kedua ini sangat umum ya, menghilangkan rasa ngantuk dengan membasuh muka. Meski tampak sepele, nyatanya air cukup ampuh dalam mengusir rasa ngantuk. Tak perlu takut make up luntur, yang terpenting rasa ngantuk bisa hilang dan anda bisa berkeja dengan prima. Untuk urusan make up, anda bisa memakainya kembali setelah mengeringkan wajah.

4. Sarapan pagi dengan makanan tinggi protein

Kebiasaan yang satu ini seringkali diabaikan oleh sebagian besar orang. Entah itu karena alasan sibuk, terlambat berkerja, ataupun diet. Padahal sarapan pagi mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya mencegah munculnya rasa ngantuk di siang hari.

Dengan rutin melakukan sarapan pagi, asupan energi tubuh akan terkecukupi sehingga tubuh juga terasa segar. Maka dari itu, sebaiknya sempatkan waktu untuk sarapan dan konsumsilah makanan tinggi protein seperti telur, susu, kacang almond, atau daging dengan diimbangi sayuran dan buah-buahan.

5. Senam Yoga

Selain berolahraga, aktivitas lain yang bisa menghilangkan rasa ngantuk adalah latihan Yoga. Yoga memilki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan pikiran, salah satunya melancarkan suplai oksigen ke otak. Dengan begitu, rasa ngantuk tidak akan mudah muncul.

6. Ngemil

Ngemil adalah kegiatan yang digemari oleh kaum wanita. Kebiasaan ini ternyata juga berpotensi dalam menghilangkan ngantuk, karena ketika anda ngemil tubuh melakukan aktivitas (dengan kata lain tidak diam saja). Sehingga rasa ngantuk bisa terlupakan. Tapi yang perlu ditekankan, jangan sembarangan ngemil. Sebaiknya pilih makanan yang rendah kalori dan tidak terlalu manis.

7. Menempelkan es batu di dahi

Cara yang satu ini memang agak repot tapi cukup berpotensi dalam menghilangkan rasa ngantuk, yaitu dengan menempelkan es batu pada dahi. Suhu dingin yang dikeluarkan oleh es batu bisa membantu refleksasi otak dan menyegarkan pikiran. Namun bila anda sedang berada di kantor, sebaiknya beli saja minuman dingin, misalnya jus jeruk. Dijamin deh, rasa ngantuk akan kabur!

8. Duduk tegak

Posisi tengkurap, lesehan di bawah dengan memiringkan tubuh (hampir menyamai posisi tidur) akan membuat anda semakin ngantuk. Jadi cobalah untuk duduk tegak dan tidak membungkung. Selain itu, sesekali ubalah posisi duduk anda, misalnya dengan memiringkan kaki. Cara ini cukup solutif dalam melawan rasa ngantuk ringan.

9. Perbanyak konsumsi air putih

Mengantuk adalah suatu kondisi yang menandakan tubuh kita kekurangan oksigen. Nah, cara tepat untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi air putih, sebab di dalam air putih terkandung oksigen. Dengan demikian, asupan oksigen pun akan tercukupi dan anda bisa lebih berkonstrasi.

10. Minum kopi

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kopi sangat manjur dalam menghilangkan rasa ngantuk. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang terdapat didalam kopi. Nah, apabila anda merasakan ngantuk berat, anda bisa mencoba mengonsumsi minuman kopi. Tapi asal jangan berlebihan. Sesekali saja.

11. Tarik nafas dalam dan hirup udara segar

Ketika anda mulai merasa lelah dan ngantuk saat jam kerja, usahakan untuk keluar ruangan sebentar. Nikmati pemandangan dedaunan, kemudian tarik nafas dalam-dalam dan hirup udara segar untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Dengan begitu, konsentarasi akan “on” kembali lagi.

Demikianlah 11 cara menghilangkan rasa ngantuk secara alami. Hal yang paling utama untuk melawan rasa ngantuk di siang hari adalah tidur malam yang cukup. Namun apabila anda mengalami gangguan tidur, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.