Cara Menurunkan Panas Pada Anak dengan Bawang Merah



Bagaimanakah cara menurunkan panas pada anak dengan bawang merah? Nah, inilah yang kita mau bahas saat ini. Mungkin ibu-ibu yang memiliki anak yang usianya masih lima tahun atau dibawahnya sering mengalami panas atau demam. Hal itu sebenarnya wajar-wajar saja, namun terkadang kita sering dibuat panik dengan hal tersebut.


Anda tak perlu cemas atau panik, kalian bisa melakukan ramuan herbal yang bisa dicoba dirumah. Caranya sangat mudah dan tak membutuhkan biaya yang mahal yaitu dengan menggunakan bawang merah.

bawang merah mengandung vitamin C, kalium, serat, dan asam folat. Selain itu bawang merah juga mengandung kalsium dan zat besi.

Bawang merah juga mengandung zat pengatur tumbuh alami berupa hormon auksin dan giberelin. Kegunaan lain bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang dikenal sebagai obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa allin. Senyawa allin oleh enzim allinase selanjutnya dibuah menjadi asam piruvat, amonia dan allisin sebagai anti mikoba yang bersifat bakterisida.

Oleh karena itu, khususnya di Indonesia bahwa bawang merah sejak turun menurun nenek moyang kita dikenal sebagai ramuan untuk penurun demam/panas baik itu orang dewasa maupun anak-anak.

Berikut ini cara-caranya.

1. Ambil 1 atau 2 butir bawang merah ( sesuai kebutuhan ) di dapur Anda
2. Kupas bawang merah tersebut
3. Lembutkan dengan alat parut atau alat pelembut lainnya
4. Setelah bawang merah lembut, masukkan ke wadah
a) Pengalaman terbaik
Pengalaman terbaik adalah bawang merah murni tanpa campuran minyak kayu putih atau jenis minyak gosok lainnya.
b) Alternatif
Masukkan minyak kayu putih ke wadah ( jika ada ) dan aduklah dengan bawang merah yang telah dilembutkan tadi. Hal ini jika persediaan bawang merah minim

5. Oleskan ke tubuh anak
Adapun bagian-bagian tubuh anak yang diolesi bawang merah sebaiknya: jidad, leher, punggung, perut, telapak tangan, telapak kaki.

6. Tempelkan ampas bawang merah pada jidad
Jika memungkinkan, setelah semua bagian tubuh tersebut diolesi bawang merah, sebaiknya tempelkan ampas bawang merah di jidad anak.

Demikianlah cara menurunkan panas anak dengan bawang merah, semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk turut mensharekan ke teman-teman sosial media lainnya.